Sabtu, 25 Juli 2015

Amerika vs Cabe Rawit



Gue pernah denger cerita menyayat hati dari satu sobat gue. Mari kita sebut aja nama sobat gue ini si Sutiyem. Dia ini emang termahsyur karena hobbynya bercerita. Kalau udah nenggak kopi kesukaannya, si Sutiyem ini bisa cerita apapun. Dan dunia sudah mengakui kalau keterampilan terhebatnya adalah nyambung-nyambungin cerita yang aslinya kagak nyambung. Seandainya saja dia bertemu Kak Kusumo waktu mudanya, udah pasti bakal langsung saling jatuh cinta di tempat, menikah dan punya anak yang semuanya bawel-bawel. Dan gak usah lagi repot-repot kudu bawain dongeng pengantar tidur buat anak-anak mereka, sebab semua anaknya bisa mendongeng sendiri-sendiri sampe ketiduran.

Versi singkatnya, ceritanya Sutiyem punya temen yang konon duitnya itu kayak mungut dari pohon. Sementara orang-orang kebanyakan kudu kerja mati-matian sampe muntah darah supaya celengan ayamnya bisa keisi penuh. Nah, temennya Sutiyem ini ceritanya udah ga perlu punya celengan ayam lagi. Cukup komat-kamit dikit, langsung “byurr” duit bisa beterbangan ke dompet dia. Maklum, meskipun gak kerja, dia dilimpahi keberuntungan bisa punya suami yang keran rejekinya pake pompa tenaga kuda.
“Gile ya. Dia enak bener bisa jalan-jalan ama suaminya keliling Amerika nyaris selama sebulan. Tapi, tau gak. Setiap dia kontak gue dari sono, dia bawaannya selalu curhat bilang gak betah. Tertekan. Pingin cepet pulang”, lapor Sutiyem. Ceritanya pun berlanjut memuai kemana-mana, penuh dengan deskripsi yang detail sekali. Dan lengkap pula dengan foto-foto yang dia tunjukin lewat hapenya. Udah persis reporter majalah Bobo yang lagi mewawancara Bona dan RongRong.

Gue langsung rasanya migren mendengar cerita Sutiyem. Koq bisa ya. Bukannya itu moment luxury yang wowww bangets ya? Gue ngebayangin, seandainya aja gue bisa sampe mendarat liburan di Amerika barang sehari aja, pastilah gue loncat-loncat kegirangan langsung gak sabar pengen cepet-cepet manjat patung Liberty, selfie pake kamera Hape sambil teriak-teriak, “Emakkkkk, anakmu udah bisa ngejilat pucuknya Liberty…!!!”. Selanjutnya dengan penuh kegembiraan gue segera bakal gelar tiker di alun-alun depan White House, buka rantangan, dan makan sayur asem ama pete bakar bareng-bareng.

Kontras banget ama kisah sedihnya temen sobat gue itu.

Ada kalimat menarik yang entah ditulis oleh siapa, bunyinya “Happiness is not about your condition, is more about your state”. Mungkin ya kalo diterjemahin bunyinya jadi gini kurang lebih “Orang bahagia itu bukan terkait ama kondisi eksternal, tapi lebih kepada kondisi internal”. Alias, kebahagiaan itu adalah produk persepsi. Makanya, kalo sampe suatu saat ada ahli yang bisa bikin alat HappyMeter, maka bakal kebukti kalau tukang becak yang bisa beli HP China merk Xiang Xiang Ma Ling Seng harga 500 rebu akan merasa lebih jauh berbahagia dibanding istri pejabat yang barusan beli HP Samsung Ultra Note seharga 20 juta. Atau bisa juga sebaliknya. Gak ada jaminan korelasinya. Yang menjadi acuan korelasi kebahagiaan adalah seberapa besar kondisi internal kita bisa menikmati sensasi dari apappun yang sedang kita lakukan. Mau barang yang kita beli murah atau mahal, selama state internal kita merasa biasa-biasa ajah ... ya sudah, gudbai hepines.

Gue jadi teringet waktu liburan lebaran kemaren, di rumah mertua gue, sempet gue bikin geger. Pasalnya, pas lagi makan, gue tau-tau nyeletuk, “Ada cabe rawit ama garam, gak?” Kontan mertua gue ngangkat alisnya, ngangkat bahunya, ngangkat tivi, ngangkat lemari (ini orang kaget apa pindahan rumah si?), “Emang kenapa opor dagingnya? Itu kan udah asin? Kenapa kudu cabe rawit?”
Laksana pengacara pembela di ruang pengadilan kecamatan, istri gue langsung maju ke mimbar, “Oh  bukan masalah lauknya, koq. Emang begitulah tabiat dia. Tiap ketemu sayur opor, pasti makannya suka pake cabe rawit yang dicocol garam”. Mertuapun ngangguk-ngangguk dengan pasrah, segera melangkah gontai ke dapur memenuhi permintaan menantunya yang setengah gila.

Ya ladies and gentlemen, cabe rawit ama garam memang bukanlah ciri-ciri orang gak waras. Gak pernah dosen-dosen Psikologi gue ngajarin, “Yak saudara-saudara. Dalam kebanyakan kasus Schizoprenia, symptom utamanya adalah agresifitas yang tinggi terhadap cabe rawit dan garam”. Jadi bersyukurlah secara text book, gue terbukti masih normal. Tapi sebetulnya, ada sejarah panjang di balik cabe rawit ama garam yang gue gandrungi itu. Bukan cuma melulu soal selera makan gue.

Nah, kisahnya mundur kembali ke puluhan tahun semasa gue masih anak SD penuh leleran ingus di rumah gue di Cianjur. Jaman itu, rumah gue ada di pinggir jalan raya yang sering dikerubutin ama tukang becak dan pedagang kaki lima. Jadinya setiap hari udah jadi pemandangan biasa gue ngeliat para tukang becak nongkrong makan nasi. Dan kelibat ingatan gue sangat nancep sekali. Mereka ini makan dengan piring yang nasinya segunung. Lalu, lauknya cuma sedikit sekali gak proporsional ama jumlah nasinya. Ibaratnya kalau nasinya itu seluas pulau jawa, maka sayurnya cuma selebar Tangerang doang.  Tapi anehnya, itu gak menghalangi mereka buat menikmati makan dengan lahapnya. Asli, lahap banget. Udah seperti jamuan terakhir para napi narkoba sebelum dieksekusi. Udah kayak para korban survivor yang kedampar di tengah gurun Gobi dan setelah berjalan 30 hari kelaparan akhirnya bisa nemuin warteg pecel lele (emang ada warteg pecel lele ya di Arab sana?).

Intinya, mereka sungguh menikmati sajian nasi minimalisnya itu. Dan …. Mereka ternyata punya trik khusus buat bisa melipatgandakan sensasi makannya. Berupa sepotong cabe rawit yang dicocol garam!
Dan di sanalah gue berdiri gak jauh dari para pelahap ini, dengan daya serap gue yang masih sangat polos. Merekam jejak langkah ekspresi muka mereka yang memancarkan radiasi kebahagiaan yang menyilaukan. Wajah-wajah ekstasi, … yang gue gak bisa lupakan. Seolah di detik itu, tidak ada yang lain di dunia ini. Hanya ada dia dan cabe rawit bertabur garam itu. Dan itulah awal moment phobia positif gue dengan dengan cabe rawit dan garam. Sejak titik itulah, gue punya kedekatan pribadi ama cabe rawit dan garam. Terkadang, pizza super supreme bergelimang pepperoni yang harganya selangit masih kalah tanding sama sayur opor secuil dan nasi setinggi gunung …. off course with a touch of my beloved cengek uyah (Bahasa sundanya cabe rawit en garam).

Sayangnya, cabe rawit garam baru bisa nyantol ama beberapa jenis lauk lokal doank. Sampai detik ini gue masih belum nemuin formula gimana caranya makan pizza pake rawit cocol garam. Plus, gak lucu juga seandainya di resto pizza atau burger, gue panggil waitressnya, “Mbak, boleh ambilkan cabe rawit ama garem buat cocolan burger saya ini?” Iyah, kasian tuh waitress. Jati dirinya bakal terganggu.

So, balik ke soal bahagia itu apa.
Barangkali, kebahagiaan itu butuh kejujuran sepolos anak kecil. Apa yang membuat kita bahagia mungkin gak harus sampe sejauh tiket ke Paris atau punya suami gagah perkasa. Bisa jadi, sensasi bahagianya kita bisa berkibar-kibar kalau kita bisa nyeruput teh pagi kita dengan santai tanpa distraksi. Atau berjalan kaki sendal jepitan sambil bisa gandengan tangan ama orang tersayang. Atau mengecup bibir soulmate kita sambil mengulum cabe rawit cocol garam …. Ohhh … betapa sedapnya (baca: betapa sablengnya).

Yahh, pokoknya begitu deh ….. happiness is one tricky thing to be digested.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar