Minggu, 12 Juli 2015

Spasi



Bulan puasa, pada kemana ya orang-orang?

Kalo yang laen ada yang milih ngesot ke luar negeri jalan-jalan, ato minimal ke luar kota cari hawa yang adem-adem, gue sih lebih milih hawa di rumah sendiri aja ….. yah, meskipun hawa di rumah gue masih pencampuran primitif antara hawa panas tangerang, hawa AC, ama hawa kentut bini gue yang kadang-kadang bisa bikin gue amnesia sesaat. Ya, apa boleh buat, begitulah pilihan destinasi liburan gue setiap kali bulan puasa mulai merambat.
Maklumlah, berhubung profesi kerjaan gue yang selalu sepi pengunjung di bulan puasa, maka setaon sekali jadilah gue pengangguran berkala gak resmi. Bisa libur panjang banget, ngalah-ngalahin murid SD yang baru kelar ujian akhir.
Bulan puasa itu jadi semacam prosesi spiritual tersendiri buat gue. Saking nyantainya, gue jadi bisa men-defrag hidup gue, kayak PC lemot yang sesekali butuh di-defrag gara-gara selalu divorsir kerja non-stop. Gue jadi punya waktu beres-beres gudang rumah, berjibaku ama tumpukan debu dan sarang laba-laba - memsortir ulang segala rongsokan yang gue timbun di gudang, termasuk juga beberes file-file digital, berkas-berkas dokumen penting, SIM kadaluarsa, dan pernak-pernik laennya. Bahkan, gue sampe sempet nyikatin batu-batu taman rumah gue satu persatu!! (yah, walau taman rumah gue cuma selebar tiker tahlilan, tapi ya tetep aja butuh nyali gede plus otak sdikit sablenk buat bisa ngelakuin hal segila itu). Yes, bener-bener gue jongkok mungutin batu taman satu satu dan gue sikatin di dalam ember isi aer (Iyalah, masa ember isi uler kobra). Kalo aja ada orang lewat saat itu, dah pasti gue bakal dikasih zakat berlimpah-limpah saking posenya bikin hati pedih dan iba. Pokoknya, defrag besar-besaran lah.

But, I am happy. Fulfilled. Actualized.
Karena bukan cuma sekedar barang-barang yang gue bongkar-bongkar. Bulan puasa juga gua sekalian pake buat bongkar-bongkar isi pikiran gue. Berusaha menyatukan kepingan-kepingan wangsit ilham-ilham yang gue kumpulin selama setengah tahunan, supaya mental gue bisa di tune-up, diupgrade.

Dan salah satunya, di bulan puasa ini gue belajar soal “Time State”.
Pelajaran itu ga sengaja gue pungut waktu iseng nonton tipi channel AFC (Asian Food Channel). Di acara itu gue dapet inspirasi segede gajah bangkok dari orang yang gak disangka-sangka : seorang chef cewek barat yang bawain acara cooking ala Perancis. Ceritanya, sewaktu lagi demo masak, dia sambil ngelumurin bumbu di panggangan daging domba bilang begini kira-kira, “Semakin banyak kerjaan dan tumpukan project-project, aku jadi merasa selalu diburu-buru melakukan ini itu. Gak ada lagi space buat menikmati hal-hal kecil. Makanya, aku memilih bangun dua jam lebih pagi dari biasanya supaya punya space waktu buat nyeruput tehku dan mencerap indahnya pagi.”

Ohhh kereeeeen abisss. Gue yang udah ba’al dengan kata-kata motivasi yang biasa-biasa aja, jadi malah gampang terpesona ama kata-kata begini yang kesannya tulus, spontan, dan gak bermaksud menggurui siapapun. Si koki cewek ini udah telak bikin gue K.O …. Dan berhasil bikin gue kayak bangun dari pingsan lama. Iya yah … ‘Spasi waktu’ itu harus sengaja kita ciptakan supaya hidup kita gak cuma sekedar loncat dari aktivitas A ke B ke C dan seterusnya. Dalam tulisan aja, kalo gak ada spasi kosong, kata-kata yang ada jadi saling nempel terlalu rapet dan bikin ruwet. Ngebacanyapun otomatis jadi bikin senewen. Nah spasi waktu itu fungsinya sama, menciptakan ruang ‘vakum’ secukupnya yang memberi kesempatan kita buat menikmati akhiran setiap kegiatan … mengendapkan pelan, lalu santai menikmati kekosongan beberapa saat, dan kemudian memulai lagi dengan gemulai awalan kegiatan berikutnya. Cihuyyy banget kalo hidup gue bisa punya irama konstan kayak gitu. Walaupun kegiatan padat seabrek-abrek, dengan hadirnya spasi waktu itu jadi bikin hari sesibuk apapun terkesan terangkai dengan enak.

Makanya ya, di Italia sampe ada peribahasa filosofis “Dolce Farliente”, yang arti Inggrisnya “The beauty of doing nothing”, bahasa indonya “Indahnya tidak melakukan apapun”, bahasa betawinya “Bengong itu aseeek”. Wow ... kalau dimaknain lebih dalem, “Dolce Farliente” itu adalah bisikan nasihat yang ngingetin kita betapa indahnya kalo kita punya kemampuan untuk mencerap kekosongan. Bahwa gak melakukan apa-apa itu justru adalah moment magis buat bergerak maju secara mental.

Well … well. Bener ya, percuma berada di tempat keren - percuma melakukan aktvitas yang keren. Kalau kita gak punya “spasi waktu kosong” untuk menikmati, .... yahhh semuanya cuma bakal menguap gak berbekas. Pantesan aja ya, waktu gue pesiar jalan-jalan kemana kek, selama “mode” nya cuma sekedar wira wiri mondar mandir dari satu spot ke spot laennya, akhirannya cuma berasa kaya turis hambar. Paling isinya berkisar di jeprat jepret poto, shopping shopping, ketawa ketiwi, tapi yaaa … nothing more. Only a memory fragment bahwa kita pernah ke situ dan ke sini. What a waste.

So …. Menikmati rumah dengan kadar pencerapan 1000% jadi kerasa lebih bagusan ketimbang menikmati Paris cuma 1%. Ngopi-ngopi ama orang yang truly kita sayang di kafe komplek rumah kerasa lebih maknyus daripada jalan-jalan keliling eropa ama orang yang gak nyambung.

Sungguh blessing banget bisa having some one and some time to enjoy our little things in life.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar