Sabtu, 01 Agustus 2015

SpongeBob Enlightenment


Dengan bangga gue perkenalkan istilah baru dalam dunia Psikologi : SpongeBob Enlightenment.

Kalau aja gue presentasiin istilah ini di depan para master degree, para Ph.D, dan para begawan ilmu Psikologi, so pasti gue bakal dilemparin telor busuk rame-rame. Selanjutnya gue bakalan langsung dibakar idup-idup di depan podium, saking gak ilmiah dan gak kerennya istilah itu. Makanya, demi kelangsungan nyawa gue, cukuplah istilah ini gue lepas di blog aja.
Karena gue yakin, berdasarkan analisa pasar, populasi masyarakat yang baca blog gue mayoritasnya berkisar di usia antara 3 ampe 6 taon aja. Jadi gue akan aman dari tindakan anarkis. Paling banter, gue cuma bakal dilemparin dot-dot balita doank. Kalaupun ada orang di atas umur 17 taon baca blog gue, tentulah mereka punya masalah mental yang sangat serius.

Iya, mari balik ke istilah SpongeBob enlightenment. Buat para non SpongeBob enthusiast, ijinkan gue menceritakan sekelumit film bioskop SpongeBob yang judulnya ‘Sponge out of water’. Di situ ada satu adegan dimana si Plankton sedang disiksa oleh majikannya SpongeBob yang bernama Mr. Crab (Plankton itu nama tokoh maha sadis yang terobsesi mendapatkkan resep rahasia burger bikinan SpongeBob). Nah, salah satu senjata rahasia Mr. Crab dalam menyiksa orang adalah dengan menceritakan joke di depan si tahanan, lalu sehabis joke-nya diceritakan, segera dia memakai penutup telinga sambil tersenyum. Tentu ini bikin si tahanan bingung sesaat, “Hahahaha, penyiksaan paling konyol ini sih!” kata si Plankton.
Yang Plankton tidak sadari adalah, SpongeBob sedari tadi ada di ruangan yang sama. Dan buat makhluk sepolos dia, SpongeBob butuh waktu lama buat memahami guyonannya Mr. Crab. Sambil nunjukin muka culunnya, SpongeBob berikhtiar keras jiwa dan raga mikirin joke itu. Dan saat dia baru paham dimana lucunya, meledaklah tawa spontan SpongeBob .... dan gak berhenti-henti! Begitu dahsyatnya suara ketawa SpongeBob, sampe-sampe siapapun yang mendengarnya pasti langsung sakit gendang telinga dan mengalami kejang-kejang otak tak terperi. Si Plankton kontan teriak-teriak memohon-mohon agar penderitaannya dihentikan. Kepalanya udah mau pecah. Sementara, Mr. Crab sih santai-santai aja aman dengan penutup telinga.

Gitulah sejarah singkat istilah SpongeBob enlightenment.
Jadi definisi Sponge ‘Bob enlightenment’ versi gue adalah : moment dimana kita baru menyadari dan memahami apa-apa yang kita alami atau kita dengar di masa lalu. Nah, itu dia artinya. Konteksnya bisa macem-macemlah. Nuansanya juga bisa beragam. Semisal, dulu waktu muda, kita seringkali dicelotehin bonyok kita, “Sebagai anak, kamu gak bakal ngerti. Tapi kamu bakal mengerti dan ngalamin sendiri betapa susahnya, saat nanti kamu punya anak”. Saat ngedenger pertama kali, mungkin kepala kita manggut-manggut dan mengiyakan seolah kita mengerti apa maksud orangtua kita. Tapi ya, paling kita nangkepnya cuma sekedar sebagai pengetahuan doank. Something nice to talk about. Gak ada tusukannya sama sekali. Barulah setelah puluhan taon lewat, saat kita termehek-mehek ngurusin anak, barulah kita menjerit, “Wooohhh ini tokh yang dimaksud nyokap gue duluuu ….. Baru ngerti sekarang!!!” 

Bisa juga dalam soal-soal simpel sehari-hari. Contonya, ‘tuuuuutttt’. Seudah meletus kentut, kita pasang muka ngotot dan kasih argumen politis, “GAK! Kentut gue ga bau lageee! Elo aja yang idungnya sensi. Elo sentimen kali ama gue!” Dan semenit kemudian, berangsur-angsur lalat-lalat pada berhamburan jatuh semaput, bunga-bunga pada layu kering, trus awan jadi mendung disertai lolongan srigala di kejauhan. Barulah kesadaran kita menyembul, “Ehmm … guys, segitu baunyakah kentut gue?” 

So, jeda waktu SpongeBob enlightenment bisa bervariasi. Ada yang baru ‘ngeh’ semenit kemudian. Ada juga yang butuh waktu berbulan-bulan, bahkan bisa puluhan taon. Tapi emang yang paling ekstrim, kalo kita ngalamin itu tepat di detik-detik penghabisan. Pas nafas kita tinggal dua sedot lagi di ruang ICU, dan anak cucu kita gak ada satupun di situ, barulah kita nyadar dalam hati, “Ohhh, ….. bener ya orang pernah bilang kalo gue ini orang termahsyur dengan berjuta-juta fans … but have no warm relation with any body …”    

Bukan salah kita juga kalo kita gak bisa sadar pas pada waktunya. Ilmu yang kita dapet atau omongan orang yang kita denger mungkin dulu belum bisa dicerna karena lambung kita blum cukup mateng enzym-nya. Kayak SpongeBob yang masih polos. Masih gampang dibohongin. Gampang diiming-iming gombalisme janji romantis. Masih encer pengalamannya. Masih diselubungi doktrin-doktrin.

Yah. Makanya, kapanpun kita ngalamin SpongeBob enlightenment, kudu dirayain habis-habisan. Jangan segan-segan diekspresikan. Mirip SpongeBob lah, yang ketawa seheboh-hebohnya. Artinya dia sungguh menikmati ilham barunya yang dia dapet. Begitupun kita, mau ketawa kek, bercucuran aer mata haru kek, bersimpuh luruh penuh syukur kek, jedot-jedotin kepala ke tiang listrik kek. Apapun. Enjoy the moment, Enjoy the insight.

Karena insight itu datengnya bak gerhana matahari. Langka abis. Gak semudah dan sesering didatengin gebetan, yang nongolnya bisa seminggu sekali (yang posesif apalagi, nongol bisa lima menit sekali).
 
Gue jadi pengen cerita juga moment SpongeBob enlightenment yang gue alamin ….
To be continued …..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar